Resep Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14 Oleh Ika Kumalasari

Resep Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14 Oleh Ika Kumalasari


Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14 oleh Ika Kumalasari

Resep Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14

Resep Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14 - Resep Timphan Asoe Kaya #kamismanis #14 favorit. Ini kue khas Aceh yang selalu disajikan di acara2 penting seperti Lebaran, jamuan tamu pernikahan atau lamaran. Namun, kue ini sekarang menjadi salah satu cemilan favorite masyarakat Aceh yang mudah ditemukan di penjaja kue sehari-hari. Kue ini berbahan dasar campuran tepung ketan dengan pisang raja, labu tanah ataupun ubi ungu dengan isian srikaya, unti kelapa ataupun durian. Yang menjadi ciri khas adalah daun pisang yang digunakan untuk membungkusnya adalah daun pisang muda, yang masih menggulung. Beruntung mama dapet daun pisang muda di kebun blakang, jadi harini coba2 buat timphan. Resep warisan mamak mertua via telephone dan tanpa takaran yang pasti ๐Ÿ˜‚ Akhirnyaa coba buat takaran sendiri. InsyaAllah gak kalah enak dari buatan mamak, cuman bungkusnya aja heemmm.....susah banget ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Itu dari 17 biji, cuman 8 yg agak bener bentuknya...hahhahaha Ohya Aku nakarnya pake Tupperware ada tulisannya 220ml yaa...bagi temen2 yg mau reecook disesuain aja pake gelas ukur ya ๐Ÿ™ Ini buatnya susah kalo menurut Aku. Kalo di Aceh mah mending beli aja. Tapi berhubung di Jogja gada yg jual, wajib bisa buat sendiri biar terobati rindu kampung halaman ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช #bikinramadhanberkesan

Bahan - Bahan :

  • Bahan Kulit
  • 2 cup Tupperware tepung ketan
  • 1 cup Tupperware pure labu
  • 1 sdm munjung tepung beras
  • Bahan Asoe Kaya (srikaya)
  • 1 cup Tupperware santan kental
  • 1 cup Tupperware gula pasir
  • 3 butir telur ayam
  • 2 lembar daun pandan, ikat simpul
  • Bahan pure labu
  • 300 gram labu tanah, kupas lalu potong2
  • 3 sdm gula pasir
  • 4 sdm santan kental
  • secukupnya Air
  • 1 lembar daun pandan, ikat
  • Secukupnya minyak
  • Secukupnya daun pisang

Langkah - Langkah :

  • Pure labu: rebus semua bahan pure sampai menjadi bubur kental. Penambahan air jangan terlalu banyak karena labunya mengeluarkan air. Biarkan dingin
  • Srikaya: masukkan dan aduk semua bahan srikaya di dalam panci sampai menyatu, lalu masak, sambil diaduk2 menggunakan balon whisk. Masak sampai terbentuk gumpalan2 srikaya, matikan api lalu saring dan buang airnya. Biarkan dingin
  • Uleni bahan kulit dengan tangan. Adonan akan sedikit lembek
  • Oles minyak yang banyak di daun pisang dengan tangan. Ambil sedikit adonan, bulatkan, lalu pipihkan di atas daun, beri isian srikaya lalu gulung daun. Lipat sisi kanan dan kiri daun ke belakang
  • Tips membungkusnya: daun harus dioles minyak yang banyak, dan saat mengambil adonan,tangan juga harus diminyaki agar adonan tidak menempel di daun sehingga susah menggulungnya
  • Kukus selama 20 menit. Biarkan hangat, lalu rapikan bungkus daun dengan menggunting bagian kanan kirinya. Lap kelebihan minyak dengan tisu
  • Timpan siap disajikan
  • NB: takaran pure labu dan srikaya seperti di atas, bisa untuk buat 2x resep kulit (total 34 buah), sisanya bisa dimasukin kulkas dulu ya moms.


Posting Komentar