Resep Soto Banjar Oleh Remina Siagian

Resep Soto Banjar Oleh Remina Siagian


Soto Banjar oleh Remina Siagian

Resep Soto Banjar

Resep Soto Banjar - Resep Soto banjar favorit. Awalnya gara2 cuaca hujan jd bawaannya pengen maem yg berkuah hangat, keinget dg soto, bosen dg soto jawa dan pengen yg baru, akhrnya lihat2 resep, kecantol dg yg namanya soto banjar, trs lht2 dicookpad, ketemu dan lgsg sreg bgt lht resepnya mbk dian's kitchen,tengkiu ya mbak soalnya hasilnya memuaskan bgt pokoknya krn rasanya ringan dimulut, gak bikin cpt bosen, dapet segernya kuah sotonya, terlebih suami dan anak2 doyan banget, dibilang enak nih ma..hehe jadi tersipu2 malu saking senengnya๐Ÿ˜,rasanya perjuangan memasak soto banjar yg bnyk rempah2nya ini dan byk juga pernak-pernik pelengkapnya ini terbayar impas deh๐Ÿ˜ฅ, syuwwkakkk deh dg resep mbak dian's ini๐Ÿ˜š, lain kali ndak perlu lagi deh sering2 pergi ke warung soto banjar coz lbh hemat di fulus dan lbh puasss hohoho๐Ÿ˜„#lgsg aja ke resepnya ya yg udah sya modif sdkit..๐Ÿค—๐Ÿค—

Bahan - Bahan :

  • 1 ekor ayam kampung jago utuh (kira2 beratnya 800 gr)
  • secukupnya air untuk merebus ayam (saya pakai panci rice cooker)
  • bumbu yang dihaluskan :
  • 18 butir bw merah
  • 10 siung bw putih (iris halus, goreng hg kuning)
  • 1 butir pala butir dan 1 sdt lada butir
  • 2 ruas jari jahe segar
  • bumbu rempahnya :
  • 2 butir bunga sisir / bunga lawang
  • 8 butir cengkeh
  • 10 butir kapulaga
  • 4 cm tangkai kayu manis
  • 20 butir adas manis (kurleb sejumput kecil saja)
  • bahan lainnya :
  • 1 butir kuning telur + 2 sdt susu bubuk full cream
  • secukupnya garam halus
  • secukupnya penyedap rasa (saya pakai masako, skip boleh)
  • secukupnya irisan daun bw prei
  • secukupnya irisan daun seledri
  • bahan pelengkap :
  • secukupnya perkedel kentang
  • secukupnya sambal soto
  • secukupnya soun putih, rendam sebentar dg air panas,tiriskan
  • 5 butir telur bebek, rebus hg matang
  • secukupnya irisan jeruk nipis
  • 1 sdm bawang putih goreng, remukkan

Langkah - Langkah :

  • Rebus ayam hg mendidih dan keluar kaldunya
  • Tumis bumbu yg dihaluskan hg harum lalu tuang dlm air rebusan ayam, masukkan bumbu rempah2nya semua lalu rebus hg ayam lunak dan air kaldu wangi baunya krn rempah2nya tsb, perbaiki rasanya.
  • Setelah mendidih dan ayam lunak tp tdk sampai terlepas dari tulangnya, ambil ayamnya dan tiriskan, goreng sbntar dlm mnyk panas hg kuning kecoklatan, jgn terlalu lama gorengnya, matikan apinya, tiriskan, suwir2 dagingnya, sisihkan. Tuangkan campuran kutel dan susu full creamnya ke dlm air kaldunya saja, aduk cepat hg rata, tambahkan bw putih goreng yg sdh diremukkan, aduk rata,sisihkan.
  • Siapkan mangkuk untuk penyajiannya, susun bahan pelengkapnya. Kali ini sya pakai lontong buatan sndiri. Susun didasarnya mulai dari: lontong, soun,ayam suwir, telur bebek yg direbus lalu diiris kecil2, perkedel kentang,irisan daun bw pre dan seledri kemudian tuangkan kuahnya, jgn lupa beri sambal dan irisan jeruk nipisnya spy tambah mantap dan seger kuahnya๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜
  • Selamat menikmati, aroma wangi dari rempah ditambah lagi rasa kuah sotonya yg ringan dan gak buat mudah bosen, semakin menggugah selera di cuaca musim penghujan ini๐Ÿ˜‰๐Ÿ–’


Posting Komentar