Resep Opor Ayam Oleh Alya's Kitchen

Resep Opor Ayam Oleh Alya's Kitchen


Opor Ayam oleh Alya's Kitchen

Resep Opor Ayam

Resep Opor Ayam - Resep Opor Ayam favorit. Niat hati pengen bikin opor ayam sejak lama, tapi baru bikin sekarang hehehe..... ini enak banget lho moms, ga susah juga bikin nya..... rasa nya gurih manis kayak yg bikin nihπŸ˜‚...... pokok nya kalo resep2 dari saya simple tapi rasa nya enak😊 #cookpadcommunity_Jakarta

Bahan - Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong 12
  • 6 butir telur rebus
  • 4 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1500 ml air
  • 250 ml santan (me: 2 bungkus santan kara kecil)
  • 4 keping gula merah
  • Secukupnya garam, penyedap rasa, lada
  • Bumbu halus:
  • 12 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, sangrai
  • 3 cm kunyit (optional, kalo mau warna nya putih jgn pake)
  • 1 sdt ketumbar bulat, sangarai (boleh ganti yg bubuk 1 sdm)
  • 2 cm jahe
  • 1/2 sdt jinten

Langkah - Langkah :

  • Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas sampai harum lalu masukan ayam, aduk rata dan tambahkan air
  • Masukan gula merah, santan, garam, penyedap rasa, lada lalu aduk rata, diamkan sebentar sampai mendidih
  • Pindahkan ke panci lalu masak dengan api cenderung kecil sampai matang dan bumbu meresap sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah
  • Terakhir jika udah mau matang masukan telur dan sajikan dengan taburan bawang goreng jika suka (me: ga pake bawang goreng karena kebetulan bawang merah nya habis)
  • Selamat Mencoba, Happy Cooking momsπŸ’Ÿ


Posting Komentar