Resep Jenang Jawa Oleh Rosita

Resep Jenang Jawa Oleh Rosita


Jenang Jawa oleh Rosita

Resep Jenang Jawa

Resep Jenang Jawa - Resep Jenang jawa favorit. Kamis 07/06/2018 #25. #BikinRamadanBerkesan Rindu zaman lebaran kerumah nenek pasti makan jenang ini. Semenjak beliau meninggal, sudah gapernah lagi makan jenang seenak buatan beliau. Tadi iseng2 nanya ayah, ehh ayah tau resepnya. Cobalah, barangkali dapet turunan pinter bikin jenang dr nenek.. Hehhe amiiin..

Bahan - Bahan :

  • 500 gr tepung ketan
  • 1/2 kg gula merah
  • 8 sdm gula pasir
  • 1 liter santan kental dr 1 kelapa
  • Wijen (sangrai)
  • Gelatin sapi

Langkah - Langkah :

  • Potong-potong Gula merah. Tambah gula pasir, sedikit santan & air. Panaskan sampai gula mencair. Angkat & saring.
  • Diwadah lain, tuang tepung ketan. Larutkan dengan sisa sisa santan, aduk rata. (lebih enak pake blender)
  • Panaskan kembali gula merah cair, aduk-aduk sampai mendidih, kecilkan api.
  • Masukkan adonan tepung perlahan, aduk2. Gunakan api kecil ya.. Supaya gak gosong sih 😄
  • Aduk aduk rata, cek rasa.. Tambah bubuk gelatin yg sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk lagi sampai kalis. (saya ngulek jenang kurleb 1 jam)
  • Olesi wadah dengan minyak, tuang jenang. Taburi wijen.
  • Tutup dengan plastik wrap, insya Allah besok sudah bisa dimakan.
  • Tips : dr resep yg saya buat, warna jenang kurang pekat. Rasanya juga kurang manis dikit kayak bikinan nenek 😣 mungkin lusa kalo bikin lagi tambah Gula merah 1/4 kg. Jadi total pake 3/4 kg Gula merah & gula putih dikurangin, pake 5 sdm aja..


Posting Komentar