Resep JALANGKOTE Kampung (Pastel Khas Makassar) Oleh Fariesha Mufarrihah

Resep JALANGKOTE Kampung (Pastel Khas Makassar) Oleh Fariesha Mufarrihah


JALANGKOTE Kampung (Pastel Khas Makassar) oleh fariesha mufarrihah

Resep JALANGKOTE Kampung (Pastel Khas Makassar)

Resep JALANGKOTE Kampung (Pastel Khas Makassar) - Resep JALANGKOTE kampung (Pastel khas Makassar) favorit. Lagi, masih tentang merindukan jajanan kampung halaman. Yang setiap gigitannya bikin nostalgia kenangan masa kecil yang indah. Walaupun seiring perkembangan zaman kudapan ini juga mengalami banyak modifikasi mungkin utk kepentingan pemasaran, tapi tetep deh yang paling mantep buat aku ya yang isian kampung gini.. Lebih khas dan rasa rumahan banget.. Dulu, yang paling aku inget tuh harganya masih 500an, kalau ada telurnya jadi 1000. Kalau sekarang berapaan ya? Heheee.. Ini aku bikinnya pakai telur, potongan udang sama ayam. Hayo, kalau dijual laku berapa ya? No problem seafood dicampur sama ayam, yg penting wuenaaaakkk.. Yg mau ikutan nostalgia, lets check it outtt.. #5resepterbaruku

Bahan - Bahan :

  • Kulit pastel:
  • 1/2 kilo Terigu
  • 1 sdt Mentega
  • secukupnya Air
  • Isian:
  • 2 buah Ubi jalar , potong dadu kecil)
  • 2 batang Wortel (potong dadu kecil)
  • 4-5 ekor Udang sekitar , potong-potong
  • 1 potong Daging ayam , cincang kasar (jangan buang tulangnya)
  • 2 keping Mie Telur (aku pake Mie Telur 3 Ayam) rebus dulu
  • 2 batang Daun bawang - daun seledri
  • 3-4 siung Bawang putih & bawang merah , haluskan
  • 1 sdm Garam / secukupnya
  • 1 sdt Kaldu bubuk / sesuai selera
  • 1 sdt Lada bubuk
  • Penyedap rasa alias mecin (boleh skip, aku juga skip)
  • Telur rebus (Optional) untuk pelengkap aja
  • Sambel:
  • sesuka hati Cabe rawit,
  • 5 batang Cabe keriting,
  • Garam
  • Gula
  • Jeruk limau / jeruk nipis (aku pake dua-duanya) atau cuka
  • Air
  • Jangan lupa minyak untuk menggoreng dan menumis

Langkah - Langkah :

  • Tumis bumbu halus Bawang putih Bawang merah, masukkan juga sedikit daun bawang yang putihnya agar lebih wangi, masukkan potongan udang dan ayamnya, sekalian tulangnya biar lebih terasa kaldunya. Trus masukkan ubi dan wortel yang udah dicuci bersih dan dipotong-potong, tambah sedikit air dan tunggu agak matang.. Bisa langsung diberi rasa, garam-kaldu-ladanya di bagian ini, biar meresap aja gitu..
  • Setelah terasa agak lembek ubinya, masukkan Mie yang sudah direbus lebih dulu. Aduk rata, lalu campur dengan daun bawang dan seledri
  • Sisihkan bahan isian, lanjut ke kulitnya. Untuk kulitnya, siapkan wadah dan tuang terigu ke dalamnya, campur dengan mentega. Aduk-aduk pakai tangan sampai tercampur lalu tuang airnya. Sampai dapat tekstur yang cocok untuk bisa digiling ke mesin pembuat pasta. Kalau terasa lembek, bubuhkan terigu lagi setiap menggiling adonan... Mon maap itu mesin gilingnya udah lansia.. Keseringan dipake hehehhee
  • Iyap. Bikin ini tuh sebaiknya rame-rame. Sama seperti makannya, enaknya rame-rame. Tapi kalau dirumah lagi cuma ada kamu sendiri ya udah gapapa. Giling adonannya minta bantuan bangku aja. Aku juga giling sendiri. Emang susah tapi terbayar lah dalam sekali gigitan. Eaaaakkk. Giling sampai adonan tipis. Kira-kira di mesinnya sampe nomer 8 itu udah cukup tipis.
  • Karena kulitnya akan jadi panjang, jadi siapkan tempat untuk tatakannya ya. Pake koran bekas atau plastik yang dibubuhi terigu kalau takut lengket. Setelah mendapatkan kulit tipis yang diinginkan, bentuk kulit menjadi bulatan, pake apa aja. Bisa pake tutup teko stainless, atau biasanya udah ada cetakannya tuh kan.. Maaf banget udah difoto tapi fotonya hilang 😩..
  • Lalu isi dengan isian yang udah dibuat tadi. Isinya jangan penuh2, sisakan space untuk merekatkan dan dipilin cantik yang jadi khasnya kenapa ini kue namanya Jalangkote. Karena katanya pinggirannya tuh kotek kotek kaya ayam. *lahopooooo
  • Boleh diisi dengan telur rebus yang udah diiris tipis-tipis. Kalau nggak juga gapapa. Gak mengurangi kelezatan rasa huehue... Abis diisi langsung dipilin ya, krn ini bukan adonan roti jadi gak bakal ngembang lagi
  • Lakukan terus kegiatan giling, isi, bungkus, pilin. Sampai adonan dan isian habis. Jangan sedih kalau isiannya kebanyakan, bikin lagi aja kulitnya. Atau kalau kulitnya kebanyakan, bisa jadi pangsit goreng atau batagor kok muehehehee #TEAMEMAKEMAKPENYAYANG #TIDAKADASETETESPUNYANGTERBUANG WKWKWKK
  • Panaskan minyak, goreng sampai kecoklatan. Asli, jujur, beneran. Kalau bikinnya rame2 bisa sangat menghemat waktu dibanding bikin sendirian... Beneran butuh niat yang kuat dan tekad yang pantang menyerah.
  • Yuhuuuuu dont forget the most important. Sambal jalangkotenyaaaa.... Yang seru itu kan sambelnya yaaa.. Kalo dibayangin langsung deh mulut banjir saliva wkwk, campur air, cabe rawit dan cabe keriting yg udah dihaluskan lalu rebus sampai mendidih. Beri garam, gula sampai mendapatkan rasa yang diinginkan. Matikan api, peras potongan jeruk nipis, aku pake seiris doang, trus jeruk limaunya 1 buah. Boleh pake cuka kalau suka, tapi aku lebih suka tetep pakai jeruk limau biar ada aroma khasnya.
  • Selamat menikmatiiiii bersama keluarga tersayang, dijamin endeus, dan langsung berasa pulang kampung!
  • Ini aku sekitar setengah kilo kayanya sih.. Krn aku gak takar 😅 bisa dapat 40 buah jalangkotenya. Yang langsung habis dong sebelum fegel ngegilingnya ilang... Alhamdulillah


Posting Komentar