Resep Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang) Oleh Charis

Resep Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang) Oleh Charis


Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang) oleh Charis

Resep Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang)

Resep Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang) - Resep Pempek Kulit Ikan Teri (Khas Palembang) favorit. Bismillahirrahmanirrahim Sy banyak menemukan resep pempek berbahan ikan teri disini. Dan sy penasaran banget kayak apa rasanya, karena jujur aja selama 24th hidup di Palembang sy belum pernah makan pempek ikan teri, dan orang Palembang asli memang jarang memberdayakan ikan teri atau ebi buat dibikin pempek, biasanya kalo ngga tenggiri, gabus, kakap, atau parang2. Kayaknya momennya pas banget nih kalau sy cobain bikin pempek Teri ini, soalnya kemarin suami sy beli Teri banyak banget (biasaaalah laki2 kalau beli apa2 gengsi kalau beli sedikit wkwk) Daaaann setelah sy coba bikin, rasanyaaa... Enaaakk mirip2 lah sama kulit tenggiriπŸ˜‚πŸ˜… Wah bisa sering2 bikin kalo gini mah. Untuk resep cuko nanti kapan2 sy share, soalnya sy belum bikin nih karena sebenernya sy kalo makan pempek sering ngga pakek cuko wkwk Yuk moms cekidot..

Bahan - Bahan :

  • 7 genggam ikan teri jengki
  • 2 butir telur
  • 15 siung Bawang merah yang besar besar, iris kasar
  • 2 sdm perasan air jeruk nipis
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt Merica bubuk (1 bungkus Ladaku)
  • 1/2 sdt Sasa/miwon
  • Sejumput garam (sedikit saja karena Teri sudah asin)
  • 15-20 sdm Sagu (Sagu Tani lebih baik)

Langkah - Langkah :

  • Blender Teri bersama 1 butir telur sampai benar benar halus (kepala Teri boleh dibuang agar lebih halus hasilnya)
  • Setelah halus, campurkan dengan 1 butir telur lagi, lalu tambahkan air jeruk nipis, gula, garam, Sasa, dan merica bubuk, aduk hingga rata
  • Tambahkan bawang merah lalu ratakan sambil remas remas bawangnya agar wangi hasilnya
  • Masukkan Sagu, sedikit demi sedikit saja, jika belum sampai 15 sdm adonan telah Kalis (bisa dibentuk) maka tidak perlu sampai 15 sdm. Nb: beda merk Sagu beda pula jumlah penggunaannya, patokannya yang penting adonan bisa dibentuk, tidak direkomendasikan menggunakan Sagu lebih dari 20 sdm karena pempek akan lebih alot hasilnya
  • Panaskan minyak, bentuk adonan pempek bulat pipih lalu goreng di minyak panas dengan api kecil saja. Setelah matang gunting pempek di bagian kanan dan kirinya
  • Pempek siap disantap bersama cuko
  • Nb. Kl bikin banyak dan tidak habis dlm satu hari, maka pempek bisa disimpan di freezer. Cara menyimpannya, pempek yg telah digoreng tunggu sampai dingin, lalu masukkan kedalam plastik, tiap plastik diisi dgn 5 - 10 pempek, lalu masukkan freezer. Ketika akan disantap tinggal digoreng kembali. Pempek bisa bertahan 2 bulan di freezer, tp sebaiknya habiskan dalam waktu kurang dari 1 bulan.


Posting Komentar