Resep Ayam Goreng Bandung Ala Resto Sunda Oleh Diana Az

Resep Ayam Goreng Bandung Ala Resto Sunda Oleh Diana Az


Ayam Goreng Bandung Ala Resto Sunda oleh diana az

Resep Ayam Goreng Bandung Ala Resto Sunda

Resep Ayam Goreng Bandung Ala Resto Sunda - Resep Ayam Goreng Bandung ala Resto Sunda favorit. Rasanya ngga kalah deh dengan ayam goreng ala restoran sunda. Sayang saya lupa beli kemanginya๐Ÿ˜ jd kurang tu ijo-ijonya...eh, baru sadar foto ayam goreng yg seharusnya jd ikon malah keselip paling bawah๐Ÿ˜ buru-buru sih waktu ambil fotonya krn udh kelaparan banget...Mau di foto lagi, ternyata sdh habis tak bersisa...hiikk... Untuk sambelnya saya pakai resep sambel andalan saya (sambel terasi ala warung lalapan) tp terasi nya ngga saya pakai! Sedangkan kremesan nya saya pakai resep 'kremesan ayam' milik mba Trinza Ririn yg recomended banget. Oya, sebenarnya ayam goreng bandung yg pernah saya icip tuh ngga pake kremesan. Tapi semenjaksukses-berhasil bikin kremesan jd kebiasaan, tiap bikin ayam goreng ngga pernah lupa bikin 'kremesan' nya. Thanks ya mba๐Ÿ˜ŠRirin atas inspirasinya Resep kremes di sini https://cookpad.com/id/resep/244779-kremesan-ayam Resep sambal di https://cookpad.com/id/resep/222739-sambel-terasi-ala-warung-lalapan?ref=profile

Bahan - Bahan :

  • 1/2 ekor ayam (dipotong-potong)
  • 4 cangkir air (kurleb 800ml)
  • secukupnya minyak untuk menggoreng
  • ๐Ÿ’ฎ Bahan u/ Bumbu Ayam ๐Ÿ’ฎ
  • 25 gram bawang merah (kira-kira 5 butir)
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 ibujari lengkuas muda (iris tipis)
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1 batang serai (ambil bagian putihnya saja, lalu iris tipis)
  • 1 sdm garam
  • ๐Ÿ’ฎ Bahan u/ Pelengkap Sajian ๐Ÿ’ฎ
  • Kremesan Ayam*
  • Sambel ala warung lalapan*
  • 1 buah terong ungu (iris serong)
  • 4 buah tahu (potong jd dua)
  • 1/2 papan tempe (potong tipis)
  • 2 lembar kol (dipotong-potong sedang)
  • 1 buah timun
  • secukupnya kemangi

Langkah - Langkah :

  • Haluskan bumbu ayam.
  • Masukkan ayam ke dalam panci/wajan. Beri bumbu halus dan tuangkan air. Aduk rata.
  • Rebus hingga mendidih hingga ayam empuk dan kuah menyusut (saya rebusnya pakai panci presto jd lunak smpai ke tulang2nya).
  • Tiriskan ayam. Sisa kuah td saya pakai sedikit buat merebus tahu juga.
  • Tiriskan sisa kuah perebus ayam. Ampasnya jgn di buang, nanti mau di goreng. Sedangkan air tirisan bumbu di pakai buat bikin kremesan.
  • Goreng ampas sisa bumbu ayam hingga kering mirip serundeng. Tiriskan.
  • Kremesan (resepnya lihat di https://cookpad.com/id/resep/244779-kremesan-ayam?ref=search) : air tirisan bumbu di ukur sebanyak 400 ml, jika kurang tambahkn saja dgn air. Tambahkan bahan2 lainnya sesuai petunjuk resep. Beri garam sedikit jika rasanya kurang pas.
  • Goreng kremesan dalam minyak banyak dan cukup panas. Tutup wajannya utk menghindari cipratan minyak! Goreng hingga kering. Tiriskan.
  • Sisakan secukupnya adonan kremesan. Gunakan untuk merendam tempe dan terong. Goreng masing-masing. Tiriskan.
  • Goreng ayam hingga kering kekuningan. Tiriskan.
  • Goreng tahu, tiriskan.
  • Untuk sambel lihat resepnya di https://cookpad.com/id/resep/222739-sambel-terasi-ala-warung-lalapan?ref=profile). Kali ini terasi tidak saya pakai. Tetapi untuk bawang merah saya tambahkan bbrp butir.
  • Timun dikupas, lalu potong serong tipis. Kol di rebus sebentar saja, tiriskan.
  • Sajikan ayam goreng bersama pelengkapnya. Sayang banget kemanginya lupa beli....


Posting Komentar