Resep Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival Oleh Arvina Harahap

Resep Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival Oleh Arvina Harahap


Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival oleh Arvina Harahap

Resep Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival

Resep Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival - Resep Tongkol Bakar Bumbu Padang #SeafoodFestival favorit. Source : Xander's Kitchen Resep asli pakai ikan kembung ya.Sebenernya dalam 1 minggu udah 2x bikin ini..request si papa.Udah pernah sih share resep ikan bumbu padang gini,hanya saja share sebelumnya pakai ikan nila dan bumbu halusnya ditumis dulu,kalau yang ini versi godognya,bumbunya juga tidak jauh berbeda,untuk lalapannya ngasal aja ya,itu aja yang ada di dapur..😁😁.Ikut meramaikan kontes#SeafoodFestival,kalau bisa dibilang sih kami sekeluarga termasuk pemakan ikan2an..menu sehari hari itu kalau ngga ikan laut ya ikan kolam(ikan nila) karna si papa budidaya ikan juga,malah jarang banget olah2 ayam atau daging2an,walaupun kadang blenger juga makan ikan setiap harinya di selang seling ikan laut dan ikan kolam tapi ngga apa2 mengingat ikan itu lebih baik daripada ayam dan daging2an,kenapa?karna kadar lemak/minyak dalam ikan itu lebih rendah dari yang lainnya tapi tinggi protein, saking bagusnya minyak ikan yang kaya akan omega-3 sampai dijadikan suplemen yang baik dikonsumsi anak anak ataupun dewasa.Jadi kami sekeluarga mendukung nelayan indonesia melalui hasil tangkapannya dengan mengkonsumsi ikan setiap harinya..😍😍..Beneran loh..setiap hari menu yang saia masak itu ikan..😊😊..

Bahan - Bahan :

  • 3 ekor ikan tongkol ukuran sedang
  • 1 bh jeruk nipis
  • Secukupnya garam
  • 100 ml santan kental
  • 2 gls air
  • Secukupnya garam dan gula pasir
  • Bumbu halus :
  • 15 btr bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 20 bh c.rawit+6 bh c.keriting(aku : 15 bh cabe merah keriting)
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • Bumbu lainnya :
  • 2 btg serai
  • 4 lbr daun jeruk
  • 1 lbr daun kunyit muda,iris halus(skip)

Langkah - Langkah :

  • Bersihkan ikan,beri perasan dari 1 bh jeruk nipis dan secukupnya garam,sisihkan.
  • Masak santan,air,bumbu halus dan bumbu lainnya agak lama hingga matang dan bau langu dari bumbu hilang.
  • Masukkan ikan,beri garam dan gula, koreksi rasa.
  • Masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap,balik ikan sekali saja agar tidak hancur.
  • Bakar ikan diatas kayu atau kompor,sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu hingga agak kering.
  • Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan sesuai selera.


Posting Komentar